Resume Berpikir Komputasi

 1. struktur data

  Dalam istilah ilmu komputer, struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data (database) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar sebar (spreadsheet), pangkalan data, pengolah kata, citra yang ditempat (compressed image), dan pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

  Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pengguna ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan basis data (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata yang kolomnya berubah secara dinamis.

2.Tree Data

  Dalam ilmu komputer, sebuah Pohon adalah suatu struktur data yang digunakan secara luas yang menyerupai struktur pohon dengan sejumlah simpul yang terhubung.

 Struktur data tree terdiri atas kumpulan simpul atau node dimana tiap-tiap simpul dari tree digunakan untuk menyimpan nilai dan sebuah list rujukan ke simpul lain yang disebut simpul anak atau child node.Tiap-tiap simpul dari tree akan dihubungkan oleh sebuah garis hubung yang dalam istilah teknis disebut edge. Biasanya diimplementasikan menggunakan pointer.

3.Graph data

 Dalam ilmu komputer , grafik adalah tipe data abstrak yang dimaksudkan untuk mengimplementasikan konsep grafik tak berarah dan grafik berarah dari bidang teori grafik dalam matematika .Grafik berarah dengan tiga titik sudut (lingkaran biru) dan tiga sisi (panah hitam).

 Struktur data grafik terdiri dari sekumpulan titik (yang mungkin bisa berubah) yang terbatas (juga disebut node atau titik ), bersama dengan sekumpulan pasangan titik yang tidak berurutan untuk grafik yang tidak berarah atau sekumpulan pasangan berurutan untuk grafik berarah. Pasangan ini dikenal sebagai edge (juga disebut link atau garis ), dan untuk grafik berarah juga dikenal sebagai edge tetapi terkadang juga disebut arrow atau arcs . Titik dapat menjadi bagian dari struktur grafik, atau dapat menjadi entitas eksternal yang direpresentasikan oleh indeks atau referensi integer .

 Struktur data grafik juga dapat mengasosiasikan ke setiap sisi suatu nilai sisi , seperti label simbolik atau atribut numerik (biaya, kapasitas, panjang, dan lain-lain).

4. Algoritma 

 Algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu. Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data. Algoritma yang lebih mutakhir dapat melakukan deduksi otomatis (disebut sebagai penalaran otomatis) dan menggunakan tes matematis dan logis untuk mengarahkan eksekusi kode melalui berbagai rute (disebut sebagai pengambilan keputusan otomatis).

 Sebagai metode yang efektif, algoritma dapat diekspresikan dalam jumlah ruang dan waktu yang terbatas, dan dalam bahasa formal yang terdefinisi dengan baik untuk menghitung suatu fungsi.Dimulai dari tataran awal dan input awal (bisa jadi kosong), instruksi-instruksi yang ada menggambarkan sebuah komputasi yang, ketika dieksekusi, berjalan melalui sejumlah tataran dengan jumlah terhingga yang terdefinisi dengan baik,yang pada akhirnya menghasilkan "output" dan berakhir pada tataran final akhir. Transisi dari satu tataran ke tataran berikutnya tidak selalu bersifat menentukan; beberapa algoritma, yang dikenal sebagai algoritma acak, menggabungkan input acak.

5. Algoritma menurut para ahli 

 pengertian algoritma menurut ahli. Donald Ervin Knuth menyebutkan algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan masalah tertentu.

 Sederhananya, algoritma adalah suatu langkah atau metode yang telah direncanakan secara matang agar berurutan dan tersusun rapi, serta sering digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan memberikan petunjuk tindakan.

6. Express logika  

Express Logic adalah firma pengembangan perangkat lunak khusus, yang mengkhususkan diri dalam mengembangkan solusi inovatif, aman, dan andal untuk mendukung.

7. Operasi Logika

 Operasi logika adalah hubungan antara variabel biner pada masukan dan variabel biner pada keluaran dari suatu rangkaian digital yang mengikuti hukum aljabar Boolean.

8. Flowchart 

  Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram. Dalam dunia pemrograman dan sistem, flowchart digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah.

Flowchart memiliki beberapa fungsi penting dalam pemrograman dan sistem, antara lain:

A. Merencanakan Proses:

Flowchart membantu dalam merencanakan langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah dengan jelas dan terstruktur.

B. Menganalisis Algoritma:

Dengan menggunakan flowchart, kita dapat menganalisis algoritma secara visual dan memahami logika yang digunakan dalam proses pemrograman.

C. Memudahkan Komunikasi:

Flowchart menjadi alat komunikasi yang efektif antara programmer, analis, dan pengguna dalam memahami alur kerja suatu sistem atau program.

D. Memperbaiki Kesalahan:

Dengan melihat flowchart, kita dapat mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan atau bug dalam algoritma dengan lebih cepat dan efisien.

9.flowchart dokumen 

 Bagan alir dokumen atau disebut juga dengan bagan alir formulir (form flowchart) atau paper work flowchart adalah bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.

10. flowchart sistem 

  Flowchart sistem adalah diagram yang menggambarkan seluruh alur atau flow yang terjadi pada sebuah sistem. Flowchart sistem ini bisa menguraikan secara detail urutan setiap prosedur yang ada pada sistem. Jenis terakhir ada flowchart skematik. Flowchart yang satu ini hampir sama dengan flowchart sistem.

11. flowchart data

  pengertian data flow diagram yakni gambaran dari alur informasi yang dimulai dari proses input sampai dengan proses output suatu sistem. Penggunaan DFD dilakukan karena ada banyak alur kerja sulit untuk digambarkan dengan deskripsi kata. Diagram banyak digunakan karena dianggap lebih efektif.

12.flowchart progam

  Flowchart program merupakan langkah-langkah (instruksi-instruksi) program yang menceritakan kejadian suatu proses satu dengan proses lainya dalam suatu program secara mendetail yang di wakilkan dalam bentuk simbol atau bagan.   

Fungsi pertama flowchart adalah untuk mengelola workflow. Yaitu membantu dalam mengelola alur kerja dari sebuah proses. Adanya simbol yang ada di flowchart, seorang programing bisa menjabarkan proses setiap proses pemrograman.

13. Simbol² flowchart 

   


Simbol-simbol inilah yang biasanya digunakan dalam flowchart.Simbol Flowchart dan Fungsinya

• Simbol Awal (Start/End): Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma.

• Simbol Proses

• Simbol Keputusan (Decision)

• Simbol Input/Output

• Simbol Penghubung (Connector)

• Merencanakan Proses

• Menganalisis Algoritma

• Memudahkan Komunikasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATA MELINDA